Breaking News

Zakat Sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan? Berikut Ulasan Singkatnya!

Zakat menjadi salah satu rukun islam, setiap umat muslim mungkin tidak asing lagi mendengar kata zakat. Bahkan anak-anak muslim sudah diajarkan tentang zakat sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Beragam jenis zakat seringkali kita dengar, namun yang wajib dilakukan adalah Zakat Fitrah. Pelaksanaannya sebelum idul fitri tiba, bisa diserahkan ke DKM setempat atau melalui beberapa Badan yang mengurusi zakat seperti BAZNAS. 

Indonesia diklaim memiliki potensi zakat hingga 217 Triliun, secara matematis harusnya bisa memberikan efek yang bagus untuk kemajuan umat islam. Dengan angka yang fantastis tersebut bukan tidak mungkin umat Islam menjadi umat yang maju dibandingkan yang lainnya. Problem yang sedang dihadapi saat ini adalah rendahnya kesadaran mengeluarkan zakat dari setiap orang.
Zakat Sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan? Berikut Ulasan Singkatnya!
Zakat Sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan
Kebanyakan masyarakat masih memahami zakat hanya sebatas zakat fitrah, sedangkan zakat mal, perhiasan, pertanian, perdagangan dan zakat profesi masih sering dilupakan. Selain zakat fitrah, waktunya bisa kapan saja dilakukan, namun karena pemahaman masyarakat yang terbatas maka mereka sering membayarkannya menjelang lebaran.

Sehingga lembaga yang mengurusi zakat seolah-olah panen saat menjelang lebaran. Orang-orang kaya mulai membayarkan zakatnya sehingga pemasukan dari sektor zakat meningkat cukup signifikan. Disinilah tantangan besar yang harus dihadapi oleh BAZNAS dan LAZ untuk menyiapkan rumusan penyaluran dana zakat sesuai aturan Allah SWT dan Nabi Muhammad Saw.

Dalam hal mengentaskan kemiskinan, zakat diharapkan bisa memberdayakan umat. Sasarannya bukan hanya menyalurkan dana zakat, akan tetapi melakukan pemberdayaan ekonomi umat sehingga suatu saat bisa keluar dari zona kemiskinan. Dengan pemberdayaan ekonomi ini bukan hanya mengentaskan kemiskinan, tidak menutup kemungkinan yang tadinya menerima zakat, jadi member zakat.

Penyaluran dana yang tepat sasaran dan pemberdayaan berkesinambungan tentunya memberikan harapan bahwa zakat sebagai solusi pengentasan kemiskinan bukan hanya isapan jempol belaka. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar