Breaking News

Sekilas Tentang Bank HSBC dan Strategi Bisnis


HSBC merupakan salah satu bank terbesar di dunia yang melayani berbagai kebutuhan internasional. HSBC sendiri hadir dengan nama yang sesuai tempat awal pendirinya yakni Hongkong Shangkai Banking Corporation Limited. Iya bank ini di dirikan pada tahun 1856 untuk membiayai perdagangan yang sedang tumbuh yakni antara Tiongkok, India, dan Eropa. Thomas Sutherland merupakan pencetus gagasan berdirinya bank ini. Seorang dari Scotlandia tersebut bekerja untuk Peninsular and Oriental Steam Navigaion Company. Nah dengan adanya kebutuhan yang cukup besar akan fasilitas perbankan di lokal Hongkong dan pesisir Tiongkok, maka dia membantu mendirikan bank tersebut untuk pertama kalinya di Hongkong yakni pada tahun 1865 kemudian mendirikan di Shanghai satu bulan berikutnya. Bank HSBC memiliki perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut tentu tidak lepas dari strategi bisnis nya yang luar biasa. 

Setelah bank ini resmi di dirikian, selanjutnya bank tersebut mulai membuka kantor-kantor cabang guna memperluas layanan yang dapat diberikan kepada nasabah. Iya sejak awal, bank  ini memiliki bisnis unggulan yakni pembiayaan perdagangan baik lokal maupun internasional. Dari strategi bisnis yang bagus, kemudian pada abad ke-19 bank ini menjadi lembaga keuangan yang cukup terkemuka di wilayah Asia. 

HSBC merupakan bank yang berhasil melakukan ekspansi yang begitu besar hingga ke seluruh dunia yang membuat perusahaan ini memiliki brand awareness yang cukup kuat. Seperti yang kita ketahuai, bahwa selain bergerak pada bidang perbankan, HSBC juga merambah ke berbagai bisni industri mulai dari investasi, pembiayaan, informasi jasa finansial, dan juga asuransi. Hal ini merupakan salah satu strategi untuk terus dapat mengembangkan sayapnya ke seluruh dunia. 

Selain dari bisnis tersebut, HSBC juga seringkali menjadi sponsor berbagai macam kejuaraan olahraga mulai dari kejuaraan badminton, golf bertaraf internasional, hingga menjadi sponsor utama tim balap F1 Jaguar yakni pada tahun 2004 lalu. Selain itu, masih banyak fakta-fakta menarik tentang bank HSBC, adapun diantaranya adalah sebagai berikut:

1. HSBC bermarkas di London
Nama HSBC merupakan singkatan dari Hongkong Shanghai Bank Corporation yang pada awalnya memang berdiri di Hongkong pada tahun 1865. Namun saat in bank ni bermarkas di Kota London, Inggris. 

2. Masuk dalam daftar 10 bank terbesar di dunia
Pasalnya bank ini memiliki keuntungan serta aset yang cukup besar sehingga membuatnya pernah berada di peringkat ke-7 perbankan terbesar di dunia. 

3. Memilik total keuntungan dan jumlah aset yang sangat besar
Melihat data pada tahun 2019 lalu yakni pada usianya yang ke 154 tahun, Bank HSBC membuktikan bahwa bank tersebut pantas untuk masuk ke dalam daftar 10 bank terbesar di dunia. Hal ini dibuktikan dengan keuntungannya yang sangat fantastis yakni mencapai Rp. 761 Triliun pada tahun 2018. Selain keuntungannya yang begitu besar, aset yang dimiliki pun juga cukup fantastis yakni Rp. 64 kuadriliuna yang tersebar di seluruh dunia.

4. Memiliki jumlah nasabah yang sangat luar biasa
Sebagai salah satu bank terbesar di dunia, tak heran jika HSBC memiliki nasabah dengan jumlah yang luar biasa. Iya bank ini telah beroperasi di sekitar 85 negara di seluruh dunia dengan kantor cabang yang berjumlah sekitar 72.000 unit dengan jumlah pegawai sekitar 230.000. Adapun total nasabahnya yakni sekitar Rp. 89 juta jiwa yang tersebar di berbagai daerah Asia, Eropa, dan juga Amerika. Kesuksesan tersebut tentu tak lepas dari strategi bisnis yang diterapkan oleh bank HSBC. 

Tidak ada komentar