Breaking News

Pusing Cari Sewa Hunian? Begini Cara Mendapatkannya!



Memiliki rumah adalah harapan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Rumah bisa dijadikan sebagai surga bagi keluarga untuk membina hidup agar menjadi lebih harmonis. Memiliki rumah sendiri juga akan membuat Anda menjadi lebih berhemat. Anda tidak perlu untuk membayar sewa tempat tinggal pada setiap bulan atau setiap tahunnya. Namun, harga rumah memang mahal. Jika Anda belum memiliki dana untuk membuat rumah, Anda bisa mencari tempat tinggal kontrakan terlebih dahulu. Terdapat banyak daftar kontrakan murah yang bisa menjadi tempat tinggal Anda sementara sembari mengumpulkan dana untuk membeli rumah sendiri.

Rumah Hunian
Tips Mencari Kontrakan Murah
Keinginan untuk memiliki rumah sendiri terkadang terhambat karena dana yang mahal. Harga perumahan di jaman sekarang mahal. Apalagi jika Anda ingin membangun rumah sendiri. Anda harus membeli tanah dengan harga yang sangat mahal dan bahan bangunan yang tidak murah. Belum lagi, Anda harus membayar tukang.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kontrakan sebagai tempat sementara untuk tinggal. Untuk mendapatkan kontrakan yang nyaman dan berkualitas, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1.      Bandingkan harga sewa
Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah dengan membandingkan harga sewa. Untuk mendapatkan kontrakan murah, Anda harus mencari beberapa kontrakan dan mencari informasi tentang harga sewanya. Setelah itu, bandingkan fasilitas yang akan Anda dapatkan beserta harga sewa yang ditawarkan.

Selain itu, carilah kontrakan yang menyediakan fasilitas yang mumpuni agar Anda tidak perlu untuk membeli banyak barang untuk melengkapi kebutuhan kontrakan Anda. Untuk dapat membandingkan harga sewa kontrakan, Anda bisa mencari daftar kontrakan murah sebanyak mungkin.

Daftar yang Anda dapatkan bisa menjadi panduan yang mudah untuk Anda. Dari daftar yang Anda dapatkan, pastilah ada perbedaan dari rumah kontrakan yang ditawarkan. Setelah Anda melihat perbandingan harganya, barulah Anda bisa memperhatikan faktor-faktor lainnya.

2.      Lingkungan sekitar
Rumah kontrakan selalu identik dengan lingkungan yang kotor dan kumuh. Akan tetapi, kenyataannya tidak demikian. Banyak rumah kontrakan murah yang berada di lingkungan yang cukup bagus. Itulah mengapa Anda tidak boleh hanya sekedar mencari kontrakan yang murahan saja. Perhatikan lingkungannya apakah baik untuk keluarga Anda atau tidak.

Bagaimanapun juga, Anda akan tinggal bersama dengan keluarga Anda di lingkungan tersebut dalam waktu yang cukup lama. Pastikan lingkungannya bersih agar tidak berbahaya bagi kesehatan badan atau pun psikologis Anda.

Hal yang tidak boleh diabaikan selanjutnya adalah mencari tahu warga sekitar kontrakan Anda. Warga di sekitar kontrakan nantinya akan menjadi tetangga Anda selama Anda tinggal di kontrakan. Jika Anda memiliki tetangga yang menerima dengan baik, maka kehidupan Anda pun akan menjadi tenang.

3.      Keamanan
Meskipun Anda ingin mendapatkan harga kontrakan yang murah, namun Anda tidak boleh menyepelekan faktor keamanan. Carilah kontrakan yang memiliki lingkungan yang aman. Rumah kontrakan yang murah tidak selalu berlokasi di tempat yang tidak aman. Anda bisa mencari kawasan yang jauh dari konflik dan kerusuhan. Tinggal di kontrakan yang aman akan membuat Anda betah dan tidak was-was ketika meninggalkan kontrakan untuk pergi bekerja.

Di jaman sekarang, banyak sekali kasus pembobolan dan perampokan di kontrakan. Dampaknya bukan hanya kerugian karena barang Anda akan dicuri. Dampak lain yang lebih membahayakan adalah kasus kejahatan yang bisa mengancam jiwa Anda.

4.      Carilah yang dekat dengan tempat kerja
Untuk menghemat pengeluaran Anda, Anda bisa mencari tempat kontrakan yang lokasinya dekat dengan tempat kerja. Biaya yang seharusnya Anda gunakan untuk membayar transportasi bisa Anda tabung untuk digunakan sebagai modal membangun rumah atau membeli rumah.

Jika tempat kontrakan yang Anda sewa dekat dengan tempat kerja, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti hemat perbekalan. Disaat jam istirahat, Anda bisa pulang sebentar untuk makan siang bersama keluarga. Jadi, Anda tidak perlu memboroskan uang untuk jajan diluar.

5.      Fasilitas kontrakan
Hal terakhir yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan kontrakan yang murah dan nyaman adalah dengan memperhatikan fasilitas yang memadai. Fasilitas kontrakan yang murah tentu berbeda dengan fasilitas kontrakan  yang mahal. Setidaknya, Anda harus memiliki fasilitas kontrakan berupa air bersih, toilet yang bersih, listrik, dan kamar kontrakan yang layak
Kelima hal di atas harus dipertimbangkan dengan sebaik mungkin agar Anda mendapatkan kontrakan yang benar-benar layak untuk ditinggali. Kelayakan dari rumah kontrakan bisa dilihat dari beberapa macam hal. Contohnya atap rumah, ventilasi, lantai, jendela, dan pintu.
Pastikanlah rumah kontrakan yang akan Anda sewa tidak bocor dan memiliki komponen rumah yang bisa berfungsi dengan baik. Jadi, Anda dan keluarga bisa tinggal dengan privasi yang terjamin. Jika Anda beruntung, Anda akan mendapatkan rumah kontrakan di lokasi yang strategis dengan harga yang murah.
Untuk memastikan bahwa kontrakan yang akan disewa benar-benar memiliki fasilitas yang nyaman dan lingkungan yang baik, Anda harus menyempatkan waktu untuk melakukan survei. Jangan malas untuk melakukan survei. Tanpa melakukan survei, Anda tidak akan mengetahui kondisi pasti kontrakan yang akan disewa.
Cara Mendekorasi Rumah Kontrakan Agar Nyaman
Supaya kehidupan di kontrakan menjadi lebih menyenangkan, Anda bisa melakukan dekorasi pada kontrakan Anda. Berikut tips mendekorasi kontrakan agar nyaman untuk ditinggali.
1.      Tempatkan perabot dengan sesuai
Tatalah perabot sebagai mana mestinya. Ruangan kontrakan memang tidak seluas rumah. Ruang santai bisa menjadi ruang tamu juga. Oleh karena itu, Anda bisa meletakkan barang-barang pribadi di almari atau pun di kasur. Kemudian, Anda bisa meletakkan karpet di ruang santai. Jangan menggunakan kursi karena penggunaan kursi justru akan membuat kontrakan terkesan lebih sempit.

Ruangan dapur bisa sekaligus digunakan sebagai tempat pencucian. Lakukan penataan perabot dengan sebaik mungkin agar tidak terkesan menumpuk. Meskipun kontrakan Anda kecil, namun jika Anda bisa menata perabot dengan baik akan tetap nyaman-nyaman saja kok untuk ditinggali.

2.      Beli perabot seperlunya
Jika rumah kontrakan yang Anda sewa memiliki ukuran yang tidak besar, Anda tidak perlu terus menerus membeli perabotan. Belilah perabotan seperlunya saja. Jangan beli perabotan yang tidak Anda gunakan. Contohnya saja, perabotan yang benar-benar penting untuk dibeli adalah almari, kulkas, kasur, televisi, mesin cuci, dan beberapa barang penting lainnya.

Jangan isi kontrakan dengan barang-barang besar karena akan membuat rumah kontrakan Anda menjadi sempit. Pilihlah lemari pakaian yang slim. Ruangan yang nyaman nantinya akan membuat Anda menjadi bahagia dan tenang. Sebaliknya, jika terdapat banyak sekali perabotan, Anda bisa merasa stress karena melihat suasana yang sumpek dan semrawut.

3.      Jaga kebersihan
Hal yang paling penting untuk membuat kontrakan nyaman adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Kebersihan kontrakan bisa dijaga dengan rajin menyapu dan mengepel secara rutin. Jangan lupa, bersihkan perabotan yang Anda miliki. Perabotan dan suasana kontrakan yang bersih akan membuat Anda menjadi betah untuk tinggal.

Demikianlah tips dalam mencari rumah kontrakan yang murah dan nyaman. Jangan lupa, lakukan beberapa dekorasi pada rumah kontrakan Anda agar menjadi lebih menarik untuk keluarga.

Tidak ada komentar